Mengenang Bung Karno (5) : Melirik Istri Raja Kamboja hingga Marilyn Monroe


5Api cemburu membakar hati Yurike Sanger saat terbaring di salah satu kamar Rumah Sakit Jang Seng Le (sekarang Sarihusada) pada suatu hari pada 1965. Setelah menjalani operasi terkait dengan kehamilannya yang tak normal, sang suami hanya membesuknya sekelebat. Dalihnya, kesibukan tugas negara yang mustahil dikesampingkan.

Sang suami tak lain adalah Bung Karno. Ia, yang belum genap 20 tahun, menjadi perempuan kedelapan yang dinikahi si Bung, sekaligus dijanjikan bakal menjadi istrinya yang terakhir. Sebagai presiden, suaminya memang baru saja menunaikan tugas kenegaraan ke Eropa. Tapi juga menyalurkan hasrat kelelakiannya, yang amat mengagumi wanita cantik.

Buktinya, seorang dokter muda nan tampan menyodorkan majalah yang di sampul mukanya menampilkan Bung Karno sedang bermesraan dengan bintang film Italia, Gina Lollobrigida, saat berkunjung ke Roma.

Api cemburu ia tumpahkan begitu Bung Karno kembali datang membesuk. “Saya marah kepada Bapak dan membanting tumpukan majalah tadi,” tuturnya dalam buku Cinta dan Hati Istri-istri Sukarno karya Reny Nuryanti dan kawan-kawan.

Selain dengan Gina, kebersamaan dengan aktris Hollywood, Marilyn Monroe, merupakan kabar yang paling luas diberitakan media internasional beberapa tahun sebelumnya. Menurut penuturan Iwan Satyanegara Kamah di Koran Tempo edisi Minggu, 3 Juni 2001, perjumpaan Sukarno dan Marilyn terwujud berkat jasa Joshua Logan, sutradara film Bus Stop. Seusai syuting, Logan mengajak Marilyn menghadiri pesta penyambutan Bung Karno. “Saya ingin kau datang menemui sahabat saya nanti malam,” kata Logan.

Setelah berbincang hangat selama 45 menit, kepada Marilyn, yang mengenakan gaun hitam, Bung Karno berucap, “Anda seorang yang sangat penting dan sangat terkenal di Indonesia.”

Tak cuma para aktris film dunia, Bung Karno pun dikabarkan sempat tergoda oleh kecantikan Putri Monique, istri bekas Raja Kamboja Norodom Sihanouk, yang berasal dari Prancis. Sihanouk mengungkapkan hal itu dalam buku Norodom Sihanouk: Pemimpin Dunia yang Saya Kenal yang diterbitkan Gaffiti Press, 1991.

“Monique, tanpa sadar, telah mempesona Sukarno dan menimbulkan api di hatinya yang mudah terbakar,” tulis Sihanouk. Toh, dia masih menganggap Bung Karno sebagai laki-laki sopan yang sempurna karena tak pernah berusaha menaklukkan satu pun wanita Kamboja “secara nyata” betapapun cantiknya.

Disadur dari Mengenang Bung Karno” Dirilis Oleh Detik.com

*****

Leave a comment