Slowbar Coffee di Daerah Matraman


Atas rekomendasi Mas Sukma pemilik @thirtythree.coffee  -slowbar di daerah Halim Perdana Kusuma-, akhirnya kami mendarat di slowbar @di.arahpulang . Seperti biasa, manual brew dengan bold acidity jadi favorit pesanan saya. Sedangkan istri juga sama, kopi dengan taste fruity dan balance. Mas Karim pun menawarkan Kopi Haruman Mekarsari buat saya dan Kopi Flores buat istri.

Kopi seduhan-pun ready dihadapan kami untuk diseruput. Alhamdulillah, kopinya sesuai dengan selera lidah kami. Sembari menyeruput, kami berbincang dengan Mas Karim sang peracik tentang sejarah perjalanan dan filosofi nama di.arah pulang, perkopian, dan rekomendasi slowbar lainnya. Ada 5 slowbar yang direkomendasikan untuk disambangi, di daerah Cibubur, Pondok Gede, dan Jakarta Selatan. Sudah tercatat rapi di notes untuk dikunjungi di lain waktu.

Setelah seruputan terakhir Kopi Haruman Mekarsari, saya kembali menghampiri meja kerja Mas Karim untuk memesan 1 kopi lagi. “Om, 1 lagi japanese iced, tapi kopinya beda dengan pesanan tadi”, ujar saya. Mas Karim menawarkan kopi Ethiopia untuk diseduh. “Jangan om, beans lokal aja”, sanggah saya. Saya memilih local beans sebenarnya karena “local pride” adalah prinsip saya menikmati kopi 😀. Akhirnya, pilihan jatuh ke Kopi Kintamani.

Japanese Iced Kopi Kintamani siap untuk dinikmati. Seruputan pertama hingga terakhir tetap nikmat sesuai selera lidah. Buat kalian yang tinggal di sekitaran Matraman dan Rawamangun, slowbar @di.arahpulang bisa jadi pilihan. Meskipun tempatnya relatif kecil, tapi seduhannya memanjakan lidah. Terima kasih Mas Erwin atas seduhan kopinya dan juga bucket list slowbar berikutnya. Sukses terus di.arah pulang!

Editor andalan: @christinithien

Alamat di.arahpulang:

Jl. Galur Sari Timur No.21, RT.7/RW.5, Utan Kayu Sel., Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13120

Alamat Thirty Three Coffee:

Jl. Kerja Bakti VII No.33, RT.2/RW.7, Makasar, Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13570

Leave a comment